Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Jokowi Minta Swasta untuk Dilibatkan Proyek Strategis Nasional

Jakarta, 17/04/2018 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar program dan proyek strategis nasional (PSN) yang direncanakan mulai dikerjakan di tahun 2018 harus dipastikan eksekusinya di lapangan dengan ikut melibatkan swasta. 

“Saya minta agar diperhatikan dampak dari setiap proyek strategis nasional pada peningkatan nilai tambah perekonomian daerah serta dampak pada upaya (penurunan) kemiskinan dan menekan ketimpangan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (16/04).

Untuk itu, Presiden Jokowi berpesan, PSN  harus betul-betul terintegrasi dalam rangka pengembangan sektor unggulan yang sedang dikembangkan oleh daerah. 

Presiden Jokowi mengingatkan, untuk pembiayaan PSN tersebut tidak mungkin hanya mengandalkan APBN saja, perlu model-model pembiayaan alternatif dan kreatif yang menarik minat investor untuk ikut membiayai proyek-proyek tersebut.

“Dalam pelaksanaannya saya juga minta jangan semuanya dilakukan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara), jangan juga dikerjakan oleh anak-anak BUMN. Libatkan sektor swasta, terutama swasta- swasta yang berada di daerah dimana proyek itu dikerjakan,” tegas Presiden Jokowi.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab) Presiden juga menekankan agar komunikasi ke publik terus ditingkatkan agar rakyat tahu apa yang tengah dikerjakan dan apa manfaat bagi masyarakat agar muncul dan tumbuh rasa ikut memiliki. Kemudian ikut mengawasi atau memantau langsung pelaksanaan proyek-proyek yang ada, serta tidak kalah pentingnya, ikut menjaga dan memelihara setelah proyek tersebut selesai. (nr/aw)