Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tapin, Kalimantan Selatan

Banjarmasin, 23/02/2021 Kemenkeu - Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tapin di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri KemenPUPR) Basuki Hadimuljono pada Kamis (18/02).

Dikutip dari situs KemenPUPR, bendungan yang telah mulai dibangun akhir 2015 dan selesai akhir 2020 lalu ini menelan biaya sebesar Rp986,5 miliar dengan kapasitas tampung 56,7 juta m3. Kapasitas ini penting dalam pengendalian banjir di Provinsi Kalsel dan juga memperkuat ketahanan pangan melalui penyediaan irigasi seluas 5.472 hektar.

"Bendungan Tapin ini, banjir di Kabupaten Tapin bisa kurangi sangat drastis sekali," kata Presiden Jokowi.

Selain untuk pengendalian banjir serta ketahanan air dan pangan, Bendungan Tapin memiliki potensi besar sebagai destinasi pariwisata di Kalimantan Selatan.  

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pengelolaan sumber daya air dan irigasi akan terus dilakukan untuk ketahanan air dan pangan kita. “Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan air baku dan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke pengguna,” jelasnya.

Keberadaan bendungan ini juga diharapkan dapat menyediakan air baku untuk wilayah Rantau sebagai Ibu Kota Kabupaten Tapin dan sekitarnya sebesar 500 liter/detik, konservasi air, dan untuk PLTA sebesar 3,30 MW. (PUPR/nr/ip)