Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Kembali Tegaskan Penggunaan Local Content dalam Proyek K/L

Jakarta, 01/03/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan agar dalam pelaksanaan proyek-proyeknya, masing-masing kementerian/lembaga (K/L) selalu mengutamakan hasil produksi dalam negeri (local content).

“Batasi yang namanya impor, barang impor. Dan sekali lagi, ini jangan sampai banyak alasan mengenai local content ini,” ujar Presiden usai menyaksikan Penandatanganan Kontrak Kegiatan Strategis 2016 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), di Plaza Gedung Kementerian ESDM, Jakarta pada Senin (29/2).

Selain menggunakan konten lokal, Presiden juga mengingatkan agar pelaksanaan proyek  dilakukan secara padat karya, sehingga dapat menyerap tenaga sebanyak-banyaknya. Yang tidak kalah penting, Presiden juga menekankan pentingnya melibatkan kontraktor lokal dalam pelaksanaan proyek.

Keikutsertaan kontraktor lokal dalam pelaksanaan proyek, lanjutnya, dapat menggerakan perekonomian di daerah pelaksanaan proyek. “Sehingga ekonomi di daerah jalan, karena uangnya ditinggal di sana. Kontraktornya, sekali lagi dilibatkan kontraktor-kontraktor kecil yang ada di daerah itu,” kata Presiden sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Kabinet.

Terakhir, Presiden juga mengingatkan pentingnya melakukan monitoring pelaksanaan proyek, sehingga jika terdapat kendala dapat segera diselesaikan. “Bila ada masalah segera ambil keputusan, segera selesaikan. Jangan terlalu banyak didiskusikan, jangan terlalu banyak diseminarkan, jangan terlalu banyak dikaji,” tegasnya.(nv)