Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Membuka Seminar Bali Fintech Pada AM2018Bali

Nusa Dua, Bali 11/10/18 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka The Bali Fintech Agenda pada rangkaian acara IMF-WBG Annual Meetings 2018. Dalam pidatonya, Presiden menyampaikan bahwa untuk mendukung kemajuan teknologi yang telah dimulai 25 tahun lalu, perlu diterapkan kebijakan yang tepat.

“Yang membuat internet boom ini adalah adanya regulasi dari Bill clinton untuk menciptakan tatanan regulasi yaitu light touch dan safe harbour. Regulatori yang sangat ramah ini mencegah intervensi pemerintah yang berlebihan,” jelas Presiden Jokowi di Mangapura Room BICC, Nusa Dua, Bali pada Kamis (11/10).

Kepala Negara pun mengungkapkan, pemerintah harus terus terbuka terhadap upaya dan inovasi dari berbagai pihak. Tanpa adanya inovasi tidak akan membawa teknologi seperti sekarang ini.
 
“Apabila meregulasi terlalu ketat dan menciptakan system yang tertutup, hanya akan mendorong kegiatan ekonomi, dan menjauh dari ekonomi siber (digital)” tukasnya.

Seperti halnya 25 tahun yang lalu, pemerintah tidak terburu-buru dalam menetapkan regulasi, namun membiarkan inovasi tumbuh terlebih dahulu.

Terakhir, untuk menghadapi kemajuan teknologi ini Presiden Jokowi mengajak seluruh institusi yang hadir untuk dapat bertukar informasi dan terbuka pada kemajuan teknologi. (mr/rsa)