Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Minta Eksekusi Proyek APBN 2016 Mulai Bulan Januari

Jakarta, 14/12/2015 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo telah menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kementerian/Lembaga tahun anggaran 2016 pada Senin (14/12). Dengan telah diserahkannya DIPA kepada masing-masing K/L, Presiden berharap, berbagai proyek dan kegiatan yang telah direncanakan dapat segera dieksekusi pada Bulan Januari 2016 nanti.

“Saya minta agar pelaksanaan berbagai kegiatan yang telah direncanakan dalam tahun 2016 dapat segera dimulai, Januari dimulai,” kata Presiden dalam Acara Penyerahan DIPA di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/12).

Dengan dimulainya pelaksanaan proyek pada Bulan Januari, Presiden berharap penyerapan anggaran dapat dilakukan secara merata sepanjang tahun. Dengan demikian, penumpukan penyerapan anggaran pada akhir tahun anggaran tidak akan kembali terulang.

“Harus kita akhiri pola-pola lama di birokrasi kita, penyerapan anggaran numpuknya di November-Desember harus kita stop. Januari mulai, kemudian merata sepanjang tahun, itu yang kita inginkan,” ungkapnya.

Presiden mengingatkan agar K/L tidak lagi menunda-nunda pelaksanaan anggaran yang dapat menyebabkan keterlambatan dan berpotensi mengakibatkan terjadinya kontraksi dalam perekonomian. Ia juga menegaskan bahwa Presiden akan selalu memantau pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 ini. “Ini akan saya pantau terus,” tambahnya.(nv)