Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Minta Infrastruktur Transportasi Sumsel Disegerakan

Jakarta, 22/03/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan di Sumatera Selatan (Sumsel) berkonsentrasi pada infrastruktur transportasi. Pembangunan infrastruktur transportasi tersebut akan memperlancar konektivitas antar wilayah maupun antar daerah di Provinsi Sumatera Selatan, mulai dari jalan tol, jalur kereta api, maupun kereta ringan light rail train (LRT).

“Karena  ini dibutuhkan untuk menopang pergerakan ekonomi di Sumatera Selatan, juga untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games tahun 2018,” kata Presiden Jokowi pada rapat terbatas tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Sumatera Selatan, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/03) sore.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Presiden juga minta dilakukan percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api dan kemungkinan pengembangan di Tanjung Carat. Pengembangan kawasan ekonomi ini akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru sekaligus menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan yang tahun 2016 diproyeksikan tumbuh 5,03% atau sedikit di atas rata-rata nasional.

Kawasan Ekonomi Khusus ini, lanjut Presiden, juga bisa dikembangkan untuk investasi sektor industri pengolahan, mulai dari petro-chemical sampai dengan growth refinery, maupun pengembangan investasi di industri otomotif, elektronik, industri manufaktur dan lain-lain. (nr/rsa)