Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Pastikan Ketersediaan Pangan Aman

Jakarta, 16/11/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo memastikan bahwa ketersediaan pangan Indonesia dalam kondisi aman. Hujan yang turun sepanjang tahun ini dinilai berkontribusi meningkatkan panen. "Perlu saya sampaikan di sini, kesiapan pangan kita sampai Mei 2017 aman. Kita diuntungkan kemarin sepanjang tahun ada hujan terus sehingga yang biasanya di daerah hanya panen sekali, bisa panen dua kali, yang biasanya panen dua kali bisa panen tiga kali," jelas Presiden, seperti dikutip melalui laman Sekretariat Negara pada Rabu (16/11).


Salah satu contohnya adalah stok beras nasional yang mencapai 1.980 juta ton. Stok yang melimpah ini menyebabkan pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan impor beras hingga akhir tahun 2016 ini. Persoalan ketersediaan pangan memang menjadi permasalahan yang dihadapi oleh banyak negara. Padahal, pangan merupakan hal fundamental yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya. "Semua negara menghadapi itu. Menghadapi bencana, menghadapi ketersediaan pangan," tambah Presiden.


Sebagai informasi, akhir Oktober lalu, Presiden pernah menegaskan bahwa peningkatan hasil panen tidak terlepas dari peran benih-benih unggul yang digunakan para petani serta ketersediaan air yang terpenuhi. "Yang pertama, memang tahun ini air melimpah. Yang kedua, saya kira penggunaan-penggunaan benih-benih unggul ini juga memberikan hasil yang baik," kata Presiden. (as)