Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Percepat Penyerapan Anggaran!

Jakarta, 05/10/2015 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh menteri/pimpinan lembaga serta gubernur, bupati dan walikota untuk mempercepat pelaksanaan anggaran. Hal ini mengingat, hingga 25 September 2015, realisasi belanja kementerian/lembaga (K/L) baru mencapai Rp75,5 triliun atau 47,04 persen dari total pagu dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 yang sebesar Rp374,18 triliun.

Instruksi Presiden tersebut disampaikan Presiden dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2015 pada Jumat (2/10) di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta. Ia menambahkan bahwa salah satu tolok ukur kinerja pemerintah dalam menggerakkan ekonomi adalah penyerapan anggaran.

Oleh karena itu, untuk mempercepat penyerapan anggaran, Presiden meminta kepada seluruh menteri/pimpinan lembaga serta gubernur, bupati/walikota untuk pertama, mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam percepatan pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah dalam koridor peraturan perundangan yang ada, sebagaimana Inpres Nomor 1 Tahun 2015. Kedua, segera memproses pencairan seluruh belanja yang sudah dapat diajukan tagihannya, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Ketiga, selalu berkoordinasi dengan pihak terkait apabila menemukan permasalahan yang menghambat pelaksanaan dari penyerapan anggaran. Terakhir, menjadikan aparat pengawas internal pemerintah (APIP) sebagai mitra kerja untuk menyelesaikan permasalahan, baik dalam proses perencanaan, pelaksanaan, maupun pertanggungjawaban anggaran.(nv)