Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Persiapkan Diri dengan Fundamental yang Kuat

Jakarta, 03/08/2016 Kemenkeu – Ditengah situasi ekonomi global yang mengalami perlambatan, masyarakat muslim menghadapi beberapa tantangan seperti masalah pengangguran, teknologi dan juga perkembangan media sosial serta media massa yang sangat pesat. Hal ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat membuka the 12th World Islamic Economic Forum di Plenary Hall, Jakarta Convention Centre, Jakarta pada Selasa (02/08).

Untuk menjawab tantangan tersebut, lanjutnya, masyarakat muslim mempersiapkan diri dengan membangun fundamental yang kuat. “Jika kita tidak mempersiapkan diri, maka kita akan jauh tertinggal,” katanya.

Menurut Presiden, masyarakat muslim memiliki kekuatan yang besar yaitu demografi yang baik, dan jumlah generasi muda yang besar. Dengan kekuatan tersebut, maka masyarakat muslim harus memberikan pendidikan, baik yang bersifat skill maupun attitude agar mereka siap menghadapi persaingan global.

“Kita harus melatih generasi muda kita agar mereka mampu bersaing dalam industry global,” katanya.

Selanjutnya,  hal-hal yang menurut Presiden penting untuk ditindaklanjuti adalah menyelesaikan masalah mendasar seperti ketersediaan listrik, air bersih dan transportasi. “Tidak ada jalan pintas, kita harus melakukannya step by step, satu per satu,” jelas Presiden. (fg)