Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Ruang Fiskal Diperbaiki, Penyerapan Anggaran Dioptimalkan

Jakarta, 16/08/2013 MoF (Fiscal) News – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan bahwa, pemerintah terus berupaya melakukan optimalisasi penyerapan anggaran serta melakukan perbaikan ruang fiskal dengan memperbaiki alokasi anggaran. Demikian diungkapkan kepala negara saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Jumat (16/8) di Gedung DPR RI.

"Ruang fiskal terus kita perbaiki melalui alokasi anggaran terhadap sektor infrastruktur, perlindungan sosial transportasi publik dan energi terbarukan," kata presiden. Optimalisasi penyerapan anggaran juga terus dilakukan pemerintah dengan dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen bangsa. Pemerintah optimistis dalam menghadapi setiap gejolak eksternal menjadi semakin lebih baik lagi, sebagaimana Indonesia dapat melawati krisis ekonomi dunia di tahun 2008 dan 2009 yang lalu.

"Tak kalah penting dari itu, pemerintah juga terus memperbaiki kinerja neraca transaksi berjalan, melalui peningkatan ekspor, pengelolaan impor, serta perbaikan iklim investasi melalui sejumlah kebijakan fiskal," tegasnya.

Berdasarkan agenda yang telah dijadwalkan, hari ini presiden akan menghadiri dua kali sidang bersama DPR dan DPD RI, yaitu pada pagi hari guna menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT RI ke-68, kemudian Presiden SBY juga akan menyampaikan pidato pengantar Nota Keuangan RAPBN 2014 pada pukul 14.00 – 16.00 WIB. (ak)