Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Presiden Jokowi saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2017, di Assembly Hall 1 dan 2 Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (28/11) malam. (Foto: setkab.go.id)

Presiden: Saatnya Memanfaatkan Momentum

Jakarta, 29/11/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan banyak sekali perubahan di bidang ekonomi dalam tiga tahun terakhir dan bahkan telah diakui oleh dunia internasional. Menurutnya sekarang adalah saat yang tepat untuk memanfaatkan momentum.

Demikian disampaikan Presiden dalam pertemuan tahunan Bank Indonesia yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa malam (28/11).

"Momentum yang ada sekarang ini, harus kita betul-betul ambil manfaatnya, karena dalam 3 tahun terakhir sudah banyak sekali kemajuan di bidang ekonomi yang kita capai bersama," tegas Presiden.

Tiga lembaga rating internasional telah memberikan peringkat layak investasi atau investment grade kepada Indonesia. Peringkat yang sudah dinanti dalam 20 tahun terakhir. Bank Dunia juga menaikkan peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business.

"Peringkat kemudahan berusaha, meningkat dari 106 ke 91 dan untuk 2017 loncat lagi jadi 72. Artinya dalam 2 tahun loncat 34 posisi," ungkapnya.

Meski demikian, Presiden mengaku masih banyak pekerjaan rumah yang bersifat struktural harus diperbaiki. Untuk itu diperlukan kerja keras dan dorongan penuh dari semua pihak agar ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih tinggi demi kesejahteraan masyarakat.

"Kita harus menatap optimistis ke depan, jangan pesimis," kata Presiden. (mj/rsa)