Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Syukuri Hasil Pertumbuhan Triwulan III-2016

Jakarta, 08/11/2016 Kemenkeu - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan angka pertumbuhan triwulan III-2016 sebesar 5,02 persen. Dari angka ini, Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa syukurnya karena sebelumnya pertumbuhan triwulan III diprediksi di bawah 5 persen. Presiden yakin, pertumbuhan triwulan IV-2016 akan lebih tinggi lagi, mengingat historis penggunaan anggaran yang lebih besar di akhir tahun.

“Kita harapkan dengan triger dari realisasi pembayaran, realisasi penggunan anggaran itu akan bisa sedikit naik. Tapi kita harus tahu juga bahwa global ekonomi ekonomi dunia pada posisi yang terus-menerus turun. Itu yang harus dicatat,” kata Presiden, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet pada Selasa (08/11).

Sebagai informasi, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha, dimana pertumbuhan tertinggi dicapai Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 9,20 persen. Sedangkan dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi LNPRT sebesar 6,65 persen diikuti oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga dan Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto. (as)