Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

Presiden : Tahun 2045 Kita Bisa Jadi 4 Besar Dunia

Jakarta, 10/10/2017 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menyampaikan prediksi dari beberapa lembaga internasional mengenai peringkat 4 besar Indonesia di dunia pada 2045 mendatang. Pada tahun tersebut Indonesia akan masuk pada era Indonesia emas. Hal ini disampaikannya pada apel para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) Polri 2017 yang digelar di kompleks Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, Senin (09/10) pagi.

“Ini hitung-hitungan bukan dari hitung-hitungan  kita sendiri, hitung-hitungan dari Mckinsey,  hitung-hitungan dari World Bank, hitung-hitungan dari OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang mengatakan bahwa pada tahun 2045 Indonesia akan masuk pada yang namanya era Indonesia emas,” ungkap Presiden.

Oleh karena itu, Presiden menekankan pentingnya menjaga stabilitas keamanan dan politik. Ia meyakinkan, bila stabilitas dan pertumbuhan ekonomi bisa terus dijaga serta apabila nanti harga komoditas mulai naik, ekonomi global berada pada posisi normal.

Dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab), Presiden menyatakan pada saat itu diperkirakan income per kapita Indonesia 29.000 dollar AS atau setara Rp391.500.000 per tahun (dengan kurs saat ini Rp13.500 per dollar AS). Dengan demikian, lanjut Kepala Negara, kita akan menjadi 4 besar ekonomi terkuat di dunia. “4 besar itu siapa? Cina, India, Amerika, dan kita,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut lebih lanjut Presiden mengatakan bahwa tugas besar kita semua untuk merencanakan, menyiapkan, dan melakukan tindakan-tindakan pelaksanaan agar apa yang sudah dihitung dan di kalkulasi tersebut menjadi kenyataan. (nr/rw)