Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Targetkan Tol Batang Selesai saat Lebaran 2017

Jakarta, 11/01/2016 Kemenkeu – Saat ini, pembebasan lahan pembangunan jalan tol Batang-Semarang hampir selesai. Presiden Joko Widodo bersyukur atas penyelesaian tersebut dan berharap agar proyek jalan tol tersebut dapat diselesaikan dengan cepat. Sebagai mantan walikota Solo, menurutnya, pembebasan ini menjadi salah satu masalah yang tidak dapat selesai sejak 2006.

"Alhamdulillah tadi sudah mendapatkan laporan dari Menteri PU (Pekerjaan Umum), hari ini khusus di Batang 100 persen pembebasan selesai. Kemudian yang di Kendal dan Semarang, akhir Februari selesai," jelasnya saat meninjau pembangunan jalan tol Batang-Semarang , Senin (09/01).

Presiden menargetkan pada lebaran nanti jalur tersebut sudah dapat dilalui. "Kalau pembebasan rampung, yang namanya konstruksi bisa dikebut 2 atau 3 shift. Kita harapkan ini bisa dipakai saat lebaran untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Pantura," tegasnya. Selain proses pembebasan lahan, adanya dana talangan juga disebut akan mempercepat proses penyelesaian pembangunan.

Sebagai informasi, hingga akhir 2016, total dana talangan yang berhasil dihimpun dari 32 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mencapai Rp32,61 triliun. Sebagian dari dana talangan tersebut telah disalurkan untuk sejumlah proyek jalan tol seperti Trans-Jawa, Trans-Sumatera, Jabotabek, dan sejumlah pembangunan lainnya di Indonesia. Presiden juga telah menandatangani Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2016 tentang Pendanaan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum dalam Rangka Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. (as/rsa)