Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Tegaskan Pentingnya Pengendalian Inflasi

Jakarta, 08/08/2016 Kemenkeu - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingngnya pengendalian inflasi sebagai tumpuan perekonomian, di samping pertumbuhan ekonomi. Saat membuka Rapat Kordinasi Nasional Tim Pengendalian Inflasi Daerah (Rakornas TPID) tahun 2016, Presiden meminta pemerintah pusat dan daerah secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan. Selain itu, pemerintah perlu memastikan transportasi antardaerah harus selalu lancar, agar distribusi barang dapat dijaga.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, seperti dikutip melalui laman Kementerian Dalam Negeri, menyebut peran koordinasi  untuk mencapai inflasi yang rendah dan stabil, sangat penting. Salah satu wujud koordinasi Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) adalah membentuk Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi (TPI) di level pusat sejak tahun 2005. Menurutnya, seluruh provinsi sudah membentuk TPID, di mana hingga kabupaten/kota yang sudah membentuk TPID sampai Juli 2016 berjumlah 455 daerah.

Di acara yang sama, Gubernur BI Agus Martowardojo seperti dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, juga menyampaikan bahwa Presiden telah memberi arahan untuk melakukan peningkatan jumlah TPID, bagi daerah yang belum memiliki TPID.