Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Tekankan Pentingnya Pembangunan Lintas Daerah

Jakarta, 16/08/2016 Kemenkeu - Pembangunan lintas daerah di Indonesia menjadi salah satu poin utama yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa (16/08). Menurut presiden, pondasi pembangunan nasional telah diubah paradigmanya dari yang sifatnya konsumtif menjadi produktif. “Dari Sabang sampai Merauke, Miangas hingga Rote harus dibangun. Dari yang bersifat Jawasentris jadi Indonesiasentris,” kata presiden saat acara.


Pembangunan infrastruktur juga ditingkatkan khususnya di desa, daerah pinggiran dan wilayah perbatasan. Untuk mendukung kesuksesan pembangunan, pemerintah juga telah melakukan perbaikan pada regulasi dan birokrasi, beriringan dengan penerapan teknologi informasi dan telekomunikasi. “Berbekal pencapaian transformasi fundamental ekonomi, memasuki tahun kedua, pemerintah bertekad lakukan percepatan pembangunan,” kata presiden.


Oleh karena itu, pemerintah telah menetapkan tahun 2016 sebagai Tahun Percepatan Pembangunan Nasional. “Percepatan pembangunan diperlukan karena Indonesia belum mampu memutus rantai kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial,” jelas presiden. Dengan momen peringatan kemerdekaan RI, pencapaian kemerdekaan sesungguhnya diharapkan dapat dicapai dengan pembangunan. (as)