Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden: Terus Antisipasi Dinamika Ekonomi Global

Jakarta, 21/05/2014 MoF (Fiscal) News - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, Indonesia harus terus mencermati serta mengantisipasi dinamika perekonomi global yang kini tengah diliputi ketidakpastian. Oleh karena itu, presiden menyoroti tentang pentingnya menjaga dan mengelola laju inflasi dengan meningkatkan ketahanan pangan dan menjaga stabilitas harga pangan. Ini disampaikannya saat membuka rapat koordinasi nasional Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2014, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.


Presiden menyebutkan, laju inflasi hingga kini masih dalam kondisi terkendali dengan tetap berada pada satu digit, meski situasi perekonomian global bergerak dengan dinamis. Oleh karenanya, ia tak lupa mengapresiasi kinerja TPID yang tersebar di tanah air. "Inflasi yang diperkirakan akan mencapai 2 digit, ternyata bisa kita jaga masih pada kisaran  8,3 persen. Dan pencapaian tentu tidak lepas dari komitmen dan dukungan sekitar 233 tim pengendali inflasi daerah," jelasnya.


Dalam kesempatan tersebut, presiden juga menyerukan kepada seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menjaga laju inflasi, mengingat inflasi dapat mengganggu kinerja perekonamian nasional yang sedang dan terus bertumbuh. Sebagai informasi, Rakornas V TPID 2014 kali ini dihadiri oleh Gubernur dan Walikota/Bupati yang mewakili 233 TPID (33 provinsi dan 200 kabupaten/kota), jauh lebih banyak daripada Rakornas tahun sebelumnya yang diikuti oleh 95 TPID. (ak)