Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Presiden Tetapkan Chatib Basri Sebagai Menkeu Definitif

Jakarta, 20/05/2013 MoF (Fiscal) News - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menunjuk Muhamad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan definitif pengganti Agus D.W. Martowardojo. Ketetapan tersebut didasari oleh Keputusan Presiden (Kepres) yang ditandatangani hari ini. Chatib mengantikan Agus Martowardojo yang telah ditetapkan sebagai Gubernur Bank Indonesia pengganti Darmin Nasution.

“Dengan mempertimbangkan beberapa aspek, saya memberikan kepercayaan dan penugasan kepada M. Chatib Basri menjadi Menkeu baru,” ujar Presiden di kantornya, Jakarta, Senin (20/5).

Presiden mengungkapkan pertimbangannya memilih Chatib sebagai Menkeu. Selain menguasai bidang makroekonomi, Chatib juga sudah tidak asing dalam institusi Kementerian Keuangan.

Chatib pernah menjabat sebagai staf khusus di Kementerian Keuangan. Bahkan, Chatib pernah diamanatkan sebagai Deputi Kementerian Keuangan dalam pertemuan negara-negara G-20. Selain itu dalam menjalankan tugasnya di BKPM, Chatib memiliki prestasi yang baik.

“Chatib adalah ekonom yang memilliki pengalaman dan pengetahuan yang luas, sekarang dia di BKPM. Selama di BKPM, invest di Indonesia tumbuh signifikan ini sangat penting jadi kontribusi ke pertumbuhan ekonomi di kala negara-negara lain merosot,” tambahnya.

Atas dasar tersebut, Presiden memilih Chatib Basri sebagi Menteri Keuangan. Pelantikan Menkeu baru akan dilakukan Selasa (21/5) di Istana Negara. (rja)