Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Profesi Akuntan Tersertifikasi Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Jakarta, 31/05/2013 MoF (Fiscal) News - Indonesia dinilai memiliki potensi untuk masuk daftar 10 negara besar terbaik di dunia. Syaratnya, Indonesia harus bisa lebih transparan dalam pencatatan transaksi keuangan. Karenanya, dibutuhkan banyak akuntan yang tersertifikasi untuk mencegah kebocoran sistem keuangan, baik di pemerintah maupun swasta. Demikian disampaikan Head of The Association of Chartered Certified Accountants (ACCA) Indonesia Mulyadi Setiakusuma di Jakarta, Kamis (30/5).

Menurutnya, untuk negara sebesar Indonesia, dibutuhkan minimal sebanyak 200 ribu profesi akuntan publik untuk membawa manfaat bagi perekonomian Indonesia. “Idealnya. Itu ya sekitar 200 ribu, itu berarti hanya 0,1 persen dari total penduduk Indonesia. Tentu angka tersebut sudah menjadi rasio minimum,” terangnya.

Ia mengatakan akuntan berkualitas menjadi kebutuhan bagi Indonesia yang kini menjadi sorotan karena pertumbuhan ekonominya yang selalu berada di level 6 persen, dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini juga karena jumlah penduduk yang sampai 230 juta, sehingga ke depan Indonesia merupakan negara yang potensial.

“Saat ini dari total penduduk Indonesia yang mencapai 230 juta lebih tapi profesi akuntan hanya mencapai 10 ribu. Jika tenaga akuntan profesional memadai dan transparansi laporan keuangan tercapai, saya percaya tahun 2020 Indonesia bisa masuk top 10 country,” terangnya. (Ans)