Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Program Prioritas Kemenkeu di Wonogiri Berjalan Lancar

Wonogiri, 12/11/2015 Kemenkeu  - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro melakukan kunjungan kerja ke Wonogiri dalam rangka pemberdayaan UKM & ekonomi kerakyatan. Ini dilakukan untuk memastikan hal-hal yang menjadi prioritas penanganan di Kementerian Keuangan dalam pembangunan perekonomian, berjalan sesuai dengan program yang digariskan.

Pemerintah menyadari upaya penguatan perekonomian bersandar pada prinsip optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam, sumber daya teknologi, sumber daya permodalan, serta sumber daya manusia yang sebesar-besarnya diperuntukkan bagi kepentingan rakyat. Saat ini, fokus kegiatan diarahkan kepada perbaikan akan hal-hal yang terkena dampak perekonomian global.

Kementerian Keuangan telah menugaskan lembaga-lembaga teknisnya, yaitu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Indonesia Eximbank), untuk menangani permasalahan mengenai serapan tenaga kerja oleh industry, dukungan pada UKM berorientasi ekspor, serta memberikan stimulus untuk pembangunan infrastruktur desa dan menjaga daya beli masyarakatnya.

Di lapangan, kebijakan melalui Indonesia Eximbank itu terbukti menumbuhkan eksternalitas positif bagi perekonomian masyarakat Wonogiri dan sekitarnya, dan sekaligus memberikan testimoni bahwa ekonomi yang melibatkan rakyat banyak adalah model yang paling sesuai untuk membangun Indonesia.  Salah satunya adalah dari para kepala desa yang menganggap bahwa program ekonomi berbasis kerakyatan ini sangat tepat. Animo masyarakat Wonogiri untuk mencari pekerjaan di luar daerahnya perlahan-lahan berkurang, dan lahan-lahan kritis dapat diselamatkan melalui program sengonisasi. Ini membuka akses pada pekerjaan dan sumber-sumber pendapatan. (as)