Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Progress Report Pembangunan SPAN

 


 

Jakarta, 02/03/10 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meresmikan penggunaan logo, website, dan newsletter Sistem Perbendaharaan dan  Anggaran Negara (SPAN) saat mengupas Pencapaian Pengembangan SPAN pada hari ini, Selasa (02/03) di Aula Gedung Prijadi Praptosuhardjo II Kementerian Keuangan Jakarta.

SPAN mengintegrasikan fungsi dua Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, yakni Ditjen Perbendaharaan dan Ditjen Anggaran dalam bentuk pemanfaatan database tunggal yang terintegrasi (single entry system). Dibangun dengan basis Enterprise Resource Planning (ERP) Oracle Solutions yang digunakan di berbagai negara, saat ini SPAN berada pada fase pembangunan dan ditargetkan selesai sempurna pada tahun 2012.

 “Pembangunan SPAN merupakan proses transformasi yang menyentuh tiga aspek perbaikan, yakni proses bisnis, teknologi informasi dan perubahan mindset SDM pelaku serta organisasi yang efektif dan efisien.” Demikian disampaikan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya.

Di depan perwakilan Bank Dunia dan International Monetary Fund (IMF), selain menyampaikan  progress report program SPAN, Menteri Keuangan juga meresmikan website SPAN dengan alamat www.span.depkeu.go.id  yang akan memuat berbagai informasi terbaru pada proses pembangunan dan implementasi SPAN. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Keuangan juga mengingatkan semua pihak di lingkungan Kementerian Keuangan untuk melihat SPAN sebagai roh yang mewarnai reformasi yang diamanatkan oleh Undang-Undang Keuangan Negara.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang IT Bobby A. A. Nazief menjelaskan, “SPAN merupakan pengembangan dari Teknologi Informasi Depkeu secara keseluruhan dengan menggunakan database tunggal yang terintegerasi dan terotomasi yang dapat mereduksi potensi permasalahan dari perbedaan data.”(dm)