Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Public Private Partnership Salah Satu Solusi Pembangunan Infrastruktur

Jakarta, 17/05/2017 Kemenkeu - Dalam acara 3rd Annual Indonesia Infrastructure Finance Conference pada Rabu (17/05) di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Mardiasmo mengatakan bahwa performa ekonomi domestik dan perekonomian global kuartal pertama 2017 semakin membaik.

Namun demikian, salah satu tantangan yang dihadapi Indonesia dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi adalah disparitas ekonomi antar pulau. Oleh karena itu, agar mendorong ekonomi domestik yang kompetitif dan meningkatkan kesetaraan antar daerah, pemerintah selalu mempertimbangkan: (1) mengembangkan konektivitas secara nasional; (2) memperkuat ketahanan pangan; (3) meningkatkan energi dan kelistrikan; (4) mengoptimalkan potensi maritim dan pariwisata dan (5) memperkuat zona industri dan zona ekonomi spesial.
 
Selain itu, untuk menunjang kebutuhan belanja infrastruktur yang masif dalam jangka waktu lima tahun kedepan, Pemerintah perlu menggalakkan kerjasama dengan swasta melalui skema Public Private Partnership (PPP).
 
“Pemerintah secara aktif mengembangkan solusi alternatif untuk  meningkatkan pembangunan infrastruktur. Dukungan Pemerintah tidak hanya diberikan melalui belanja tetapi juga melalui sektor privat seperti  insentif perpajakan, pembiayaan proyek, dan garansi proyek melalui PPP (Public Private Partnership)," pungkasnya. (ws/nr)