Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Raker Menkeu dan Banggar Bahas Postur APBN

Jakarta, 13/10/2011 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan Agus D.W. Martowadojo menghadiri rapat kerja (raker) dengan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) guna membahas dan menetapkan Postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2012 pada Kamis (13/10) di Jakarta. Dalam raker kali ini, Menkeu membuka dengan memaparkan Postur Sementara Hasil Kesepakatan Panja A Dan Pemanfaatan Hasil Optimalisasi APBN Tahun 2012.

Terkait hasil optimalisasi, Menkeu menyampaikan, akan digunakan untuk berbagai program dan kegiatan dengan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. "Optimalisasi yang gross tentu akan digunakan untuk pengeluaran yang bersifat otomatis," ujarnya. Pengeluaran yang bersifat otomatis tersebut meliputi pagu penggunaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), Dana Perimbangan, Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Otonomi Khusus. 

"Anggaran pendidikan juga harus dialokasikan sebesar 20 persen dari APBN," papar Menkeu.  Optimalisasi, lanjut Menkeu, kiranya dapat digunakan untuk membentuk cadangan risiko fiskal. "Ini guna mengantisipasi ketidakpastian kondisi perekonomian global di masa mendatang," jelasnya.(ak)