Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Rakornas APIP Untuk Tingkatkan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional

Jakarta, 23/08/2016 Kemenkeu - Tahun ini, Rapat Koordinasi Nasional Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (Rakornas APIP) mengambil tema "Aktualisasi Peran APIP Sebagai Early Warning System dalam Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Nasional". Acara ini berlangsung pada Selasa (23/08) di Aula Gandhi Badan Pengawasan Keuangan Pemerintah (BPKP).

Rakornas ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan dukungan nyata seluruh pemangku kepentingan untuk meningkatkan efektivitas peran APIP, dalam mengawal akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan nasional. Selain itu, diharapkan pula peningkatan Sistem Pengendalian Pemerintah (SPIP) serta sinergitas APIP dan Aparat Penegak Hukum (APH). Ke depan, langkah-langkah yang strategis diperlukan dalam pengawalan pembangunan.


Rakornas APIP 2016 ini dihadiri oleh Wakil Presiden, 90 Inspektur Jenderal K/L, 34 Inspektur Provinsi, 68 Inspektur Kabupaten/Kota, beserta Pejabat Eselon I dan II BPKP. Selain itu hadir pula 10 Menteri yang mewakili Big Spenders dan 5 Gubernur, beserta Ketua Pengurus Asosiasi Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. (as)