Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Realisasi Belanja Kuartal Dua Ditargetkan Capai 50 Persen

Jakarta, 08/05/2013 MoF (Fiscal) News - Pelaksana tugas (Plt.) Menteri Keuangan (Menkeu) Hatta Rajasa meminta agar penyerapan belanja pemerintah pada semester pertama tahun 2013 dapat mencapai 50 persen, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi. “Saya meminta, kalau ingin belanja proporsional, di kuartal dua itu seharusnya sudah mendekati 50 persen,” ujarnya.

Namun demikian, Hatta menyadari bahwa upaya tersebut tidak mudah dilakukan mengingat pada Triwulan I, realisasi belanja pemerintah baru mencapai 10 persen. “Oleh sebab itu, (penyerapan anggaran) di kuartal dua ini harus betul-betul tinggi. Yang sudah on the pipeline, sudah tender dan segala macam, saya harapkan bisa didorong untuk dipercepat,” katanya.

Hatta mengharapkan bahwa dengan mempercepat penyerapan belanja pemerintah dan belanja modal dapat mendorong pertumbuhan ekonomi pada kuartal dua tahun 2013. Ia juga mengharapkan agar pertumbuhan ekonomi pada kuartal tersebut lebih baik dari sebelumnya. “Itu bisa mendorong dan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan. Inilah yang harus kita lakukan perbaikan pada kuartal dua untuk mempercepat belanja,” ujarnya. (iin)