Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Realisasi Investasi Kuartal II Bisa Lampaui 5% Terhadap PDB

Jakarta, 17/05/2013 MoF (Fiscal) News - Indonesia masih menjadi salah satu primadona bagi investor asing  karena Indonesia mampu bertahan terhadap pengaruh kondisi ekonomi global masih belum stabil. Demikian disampaikan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Chatib Basri, Kamis (16/5) di Jakarta. Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengingatkan, agar seluruh pihak untuk tidak terlena oleh berbagai indikator positif terkait pertumbuhan ekonomi nasional. "Saya juga optimistis bahwa realisasi investasi pada kuartal II bisa mencapai di atas 5 persen terhadap PDB," ungkapnya.

Menurut Chatib, pertumbuhan investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2012. "FDI kita masih bertumbuh positif, angkanya naik jika dibandingkan dengan tahun lalu. Namun ada sedikit penurunan pada impor barang modal," imbuhnya. Ia mengungkapkan, pertumbuhan FDI pada kuartal pertama 2013 masih di atas 3 persen sedangkan pada kuartal pertama 2012, pertumbuhan FDI hanya 1,7 persen terhadap PDB.

Berkaca pada arus investasi di Indonesia yang berpotensi melambat pada kuartal I-2013, Chatib mengingatkan, bahwa masih ada beberapa tantangan jangka pendek yang harus ditanggulangi dengan pembentukan kebijakan ekonomi dan politik yang tepat. Chatib menilai, melambatnya iklim investasi tak lepas dari pengaruh penurunan impor barang modal yang terjadi pada kuartal I-2013. (ak)