Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Realisasikan Target MDGs, Pemerintah Jalankan Program Melalui KSAN 2013


Jakarta, 18/10/2013 MoF (news) Fiscal – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai target Millenium Development Goals (MDGs) 2015, yaitu menurunkan jumlah penduduk yang belum mempunyai akses air minum dan sanitasi dasar sebesar 50 persen pada tahun 2015.


Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah akan menjalankan berbagai program melalui Konferensi Sanitasi dan Air Minum Nasional (KSAN) yang akan diselenggarakan pada 29-31 Oktober 2013 di Jakarta. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Sarana dan prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Dedy Supriadi Priatna dalam konferensi pers pada Jumat (18/10) di Jakarta.


Berbagai program yang akan dilakukan untuk merealisasikan target tersebut antara lain melalui Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP), Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas), Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ( Pamsimas), Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM), dan National Water dan Sanitation Information Services (NAWASIS) yang akan disosialisasikan serta diinformasikan melalui KSAN 2013.


“KSAN menjadi agenda rutin dua tahunan yang akan diisi oleh dua kegiatan utama, yaitu konferensi dan festival,” ujar Dedy. Acara konferensi akan menghadirkan kegiatan talkshow para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dan sesi parallel yang mengangkat topik terkait isu air minum dan sanitasi dari pembicara dalam dan luar negeri.(fg)