Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Redam Gejolak Pasar Saham, OJK Izinkan Emiten Lakukan Buyback

Jakarta, 06/09/2013 MoF (Fiscal) News - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan kebijakan pembelian kembali (buyback) saham yang dilakukan oleh emiten. Deputi Komisioner Pengawasan Pasar Modal I OJK Robinson Simbolon menegaskan, OJK akan tetap menjaga keseimbangan di pasar modal, sehingga transaksi dapat berjalan walau jumlah saham beredar di pasar modal akan berkurang akibat kebijakan buyback.

Kebijakan buyback ditempuh menyusul Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang bergerak cenderung menurun sepanjang Bulan Agustus 2013. Pihaknya berharap, langkah buyback akan mampu meredam tergerusnya pergerakan IHSG.

Sebagai informasi, sejumlah emiten telah menyatakan akan melakukan pembelian kembali sahamnya, antara lain PT Telkom, PT Bank Mandiri, PT Wijaya Karya,  PT Media Nusantara Citra, dan PT Ace Hardware. Pembelian kembali saham dapat dilakukan tanpa melalui proses Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Pasar Modal OJK Nurhaida menyatakan bahwa kinerja emiten terus membaik, bahkan menunjukkan peningkatan yang relatif signifikan. Dengan demikian, menurunya kinerja IHSG terjadi bukan karena merosotnya fundamental kinerja emiten yang tercatat di pasar modal.(ak)