Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Reformasi Perbendaharaan dan Anggaran: Menuju Stabilitas Finansial Asia Pasifik

Jakarta, 05/07/2013 MoF (Fiscal) News - Sedikitnya 30 delegasi dari 12 negara anggota Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) beserta empat organisasi internasional melakukan pembahasan reformasi perbendaharaan dan anggaran negara pada 2-3 Juli 2013. Pembahasan dilakukan dalam APEC Workshop on Treasury and Budget Reform di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Workshop yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan ini merupakan salah satu agenda persiapan konferensi tingkat tinggi (KTT) APEC yang akan dilangsungkan di Bali pada Bulan September mendatang. Workshop ini bertujuan untuk melakukan pembahasan bersama menuju kestabilan finansial di wilayah Asia Pasifik yang dapat dicapai melalui modernisasi pengelolaan keuangan serta kerja sama keuangan di tingkat regional. 

Tiga topik utama yang dibahas dalam workshop ini adalah Integrated Financial Management Information System (IFMIS), spending review, dan cash management. Direktur Jenderal Perbendaharaan Agus Suprijanto dalam opening remark-nya menyampaikan bahwa kunci utama untuk menuju modernisasi pengelolaan keuangan dilakukan melalui peningkatan manajemen kas dan spending review. Sementara, IFMIS diperlukan sebagai alat untuk memastikan kebijakan fiskal dapat berjalan secara efektif dan efisien. 

Kerja sama regional yang baik pada akhirnya akan mewujudkan terselenggaranya pelatihan bersama antarnegara serta pertukaran pengetahuan maupun sumber daya lainnya. Apabila kerja sama yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, forum APEC akan menjadi kunci untuk mengembangkan perekonomian setiap negara anggotanya. Dirjen Perbendaharaan berharap, pertemuan ini dapat menghasilkan solusi yang komprehensif, agar dapat menjadi titik terang dalam mencapai stabilitas ekonomi dan keuangan global, serta menjadi new direction of budget reform.(wa/djpbn)