Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Rekomendasi TEPPA Untuk Perbaikan Pengelolaan Anggaran

Jakarta, 25/02/2014 MoF (Fiscal) News - Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA) dalam laporan akhir tahun anggaran 2013 telah mengajukan sejumlah rekomendasi kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, terutama terkait dengan perbaikan pengelolaan anggaran belanja pemerintah pusat dan daerah pada tahun 2014 dan tahun-tahun mendatang.

Sejumlah rekomendasi tersebut merupakan hasil evaluasi TEPPA atas kinerja realisasi anggaran 2013. Hal ini diungkapkan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto saat menjadi pembicara kunci dalam acara kick off meeting TEPPA yang berlangsung di Hotel Le Meridien, Jakarta, Senin (24/2).

Pada aspek perencanaan, TEPPA menyampaikan empat rekomendasinya. Pertama, peninjauan kembali basis pengukuran kinerja. Kedua, pemanfaatan dana optimalisasi untuk menutupi defisit. Ketiga, kementerian/lembaga (K/L) diharapkan agar bijaksana dalam memilih sumber dana kegiatan fisik . Keempat, kedisiplinan dan keakuratan dalam penetapan target.

Adapun terkait aspek pelaksanaan, TEPPA menyoroti pada pembebasan lahan, yaitu agar pengadaan/pembebasan lahan tidak hanya dibebankan pada K/L terkait. "Namun perlu secara formal melibatkan semua instansi terkait, termasuk pemerintah daerah," katanya. Selain itu, TEPPA juga memandang perlu agar peraturan terkait revisi, pelaksanaan anggaran, dan petunjuk teknis tidak berubah setiap tahun anggaran. "Jika terpaksa harus berubah, maka penerbitannya dilakukan paling lama pada minggu pertama Januari pada tahun anggaran berjalan," jelasnya.(ak)