Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Responsif terhadap Tantangan Perekonomian 2017

Jakarta, 19/01/2017 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan Kuliah Umum dalam rangka Hari Ulang Tahun ke 47 harian Media Indonesia di Grand Studio Metro TV pada Kamis (19/01). Topik yang diangkat dalam Kuliah Umum kali ini adalah Prospek Perekonomian Indonesia 2017.

 

Menkeu menyatakan bahwa dalam satu dekade, pertumbuhan ekonomi Indonesia mempunyai kemampuan daya tahan stabil di tengah gejolak perekonomian dunia dan merupakan suatu aset tersendiri.  Namun demikian, menurut Menkeu  meski ekonomi tumbuh tinggi, disparitas antar daerah di Indonesia masih terjadi. "Ini yang membuat kita mendesign policy yang responsive agar tidak salah dalam membuat diagnosa perekonomian dan response untuk mengatasinya," papar Menkeu.

 

Menkeu menyebutkan tantangan para pembuat kebijakan dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur antara lain, mengentaskan kemiskinan, mengurangi ketimpangan, meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya saing, tata kelola yang baik serta institusi yang bersih dan efektif dengan menciptakan pertumbuhan yang inklusif dan berkualitas.

 

"Trend kesenjangan meningkat karena sektor keuangan tumbuh sustain double digit sementara sektor riil jasa, struggle. Ini patut diwaspadai para policy maker. Indonesia harus melihat hal ini sebagai tantangan kebijakan pemerintah," jelas Menkeu.

 

Menutup kuliah umumnya, Menkeu mengucapkan selamat ulang tahun kepada harian Media Indonesia dan berharap tetap menjadi media yang mencerdaskan masyarakat Indonesia. (irf/nr)