Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Reward untuk Efisiensi Belanja Pemerintah

Jakarta, 12/11/2015 Kemenkeu - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo berharap belanja yang dikeluarkan pemerintah sesuai dengan peruntukannya. Misalnya belanja modal memang disasar untuk pembangunan yang dapat menggerakkan perekonomian Indonesia. Jika masih ada belanja modal yang belum selesai, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai efisiensi.

“Kalau memang belanja modal ya tidak boleh ke belanja barang, daripada nanti belanja barang hanya untuk perjalan dinas, atau hal-hal yang dipaksakan, kalau tidak ya untuk efisiensi,” katanya setelah acara Rakernas LPSE di Jakarta, Selasa (10/11). Menurutnya, efisiensi penggunaan anggaran dirasa perlu untuk diberikan rewards ke depannya.

Ia menyebutkan bahwa salah satu cara melakukan efisiensi anggaran adalah dengan penyelenggaraan pengadaan barang secara elektronik. “Misalnya dengan LPSE ini, bisa dikatakan menghemat, justru itu yang ke depan bagaimana kita bisa berikan rewards,” ungkapnya. Data dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menyebutkan ada 445 ribu paket lelang yang dilaksanakan sejak 2008 dengan penghematan di kisaran Rp80 triliun. (as)