Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RI Berpotensi Lepas dari Kategori Fragile Five

Jakarta, 19/02/2014 MoF (Fiscal) News - Badan Anggaran DPR RI bersama pemerintah pada Rabu (19/2) menggelar Rapat Kerja dengan agenda pembahasan Perkembangan Perekonomian Indonesia pada Tahun 2014 serta Siklus dan Jadwal Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada Tahun 2014.


Terkait perkembangan ekonomi, Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri dalam rapat tersebut menyampaikan bahwa kondisi perekonomian Indonesia terus menunjukkan perbaikan melalui berbagai kebijakan yang ditempuh pemerintah. "Berbagai kebijakan telah dilakukan pemerintah untuk mendorong dan menstabilkan kondisi  ekonomi,"  jelasnya.

Menurut Menkeu, membaiknya perkembangan ekonomi tanah air membuat para pengamat internasional memproyeksikan Indonesia akan terlepas dari kategori fragile five. Sebagai informasi, anggota kelompok fragile five lainnya adalah Brasil, India, Turki, dan Afrika Selatan.

Seperti diketahui, mata uang kelima negara tersebut dinilai rentan terdampak tekanan penurunan likuiditas finansial global akibat pengurangan stimulus moneter oleh Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed). "Tapi Alhamdulillah, kelihatannya dalam 2014 ini posisi kita relatif agak baik dibandingkan dengan empat negara lainnya, sehingga beberapa analis sudah mulai mengatakan, apakah Indonesia akan keluar dari fragile five. Tapi kita tetap harus mewaspadai dengan dinamika situasi global," jelasnya.(ak)