Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RI dan Saudi Arabia Tanda Tangani Perjanjian Pembangunan 7 Universitas

Jakarta, 12/3/2014 MoF (Fiscal) News - Kementerian Keuangan melakukan penandatanganan Loan Agreement for Development of Education in Seven Universities Project yang merupakan kerja sama Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang dengan The Saudi Fund For Development (SFD). Penandatanganan dilakukan di Aula Gedung Frans Seda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Rabu (12/3).


Penandatanganan perjanjian pinjaman ini ditujukan untuk membiayai pembangunan dan perbaikan tujuh universitas dalam meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan tinggi di Indonesia. Jumlah pinjaman yang disepakati dalam perjanjian ini adalah sebesar 131.250.000 riyal atau setara dengan 34.972.000 dolar AS. Total pembiayaan untuk proyek pembangunan dan perbaikan tujuh universitas ini sebesar 256.102.000 dolar AS, dimana Bank Pembangunan Islam (IDB) dan Pemerintah Indonesia akan berkontribusi masing-masing sebesar 174.010.000 dolar AS dan 47.120.000 dolar AS.


Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Robert Pakpahan menjelaskan, penandatanganan perjanjian pinjaman ini diyakini akan memberikan dampak positif pada peningkatan akses, kualitas, relevansi institusi pendidikan tinggi dengan merenovasi, memperluas, melengkapi fasilitas yang ada dan baru, serta meningkatkan kurikulum dan keterampilan staf akademik pada ketujuh universitas tersebut. Sebagai informasi, Indonesia dan Saudia Arabia adalah dua negara besar yang telah membangun kerja sama sejak lama. “Saya yakin kerja sama ini menguntungkan bagi warga negara masing-masing,” paparnya.(han)