Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RI Masih Jadi Daya Tarik Investor Asing

Jakarta, 25/07/2013 MoF (Fiscal) News - Menteri Keuangan (Menkeu) M. Chatib Basri optimistis Indonesia masih menjadi daya tarik bagi investor asing. "Kita diuntungkan oleh dua hal, penduduk dan karena pertumbuhan ekonomi kita yang masih relatif strong," ungkapnya.

Menurut Menkeu, ketertarikan pemerintah dan investor negara maju dunia untuk berinvestasi di Indonesia masih tinggi. "Dari hasil beberapa kali pertemuan investor dan Pemerintah Jepang, mereka memang masih menunjukkan minat yang tinggi kepada Indonesia. Selain itu, ada perusahaan China juga akan melanjutkan masa penjajakan pada semester II tahun ini, untuk melakukan investasi di Papua. Jadi memang perhatian mereka (pemerintah dan investor asing) terhadap Indonesia itu sampai sekarang masih besar sekali," jelasnya.

Namun demikian, Menkeu tetap realistis menyusul perkembangan ekonomi global yang hingga kini masih melambat. Pihaknya mengungkapkan, Bank Dunia (World Bank) telah merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2013 dari 6,2 persen menjadi 5,9 perse. Revisi tersebut, lanjutnya, dilakukan dengan mengacu pada dampak perekonomian global yang belum sepenuhnya pulih. Menurutnya, dengan menurunnya proyeksi Penanaman Modal Asing (PMA), perlu extra effort untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013 yang sebesar 6,3 persen.(ak)