Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RI Punya Potensi, Pemerintah Upayakan Capai Target Pertumbuhan


Jakarta, 25/10/2013 MoF (Fiscal) News - Pemerintah akan berupaya maksimal untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi yang telah ditargetkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014, yaitu sebesar 6 persen. Hal tersebut ditegaskan Menteri Keuangan (Menkeu) M.Chatib Basri saat mewakili Presiden membacakan pendapat akhir dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang berlangsung pada Jumat (25/10).

"Asumsi pertumbuhan ekonomi 2014 sebesar 6 persen akan kita upayakan pencapaiannya secara maksimal. Perkiraan  tersebut didasarkan pada proyeksi ekonomi global yang memang masih menghadapi risiko pelemahan di tahun 2014," kata Menkeu. Di tengah ketidakpastian global, pemerintah bahkan optimistis pada tahun 2014 mendatang ekonomi Indonesia masih mempunyai potensi tumbuh  mencapai angka tersebut.

"Namun demikian, kami masih melihat potensi bahwa pemerintah  dengan extra effort, dengan upaya yang lebih keras akan mencoba untuk mampu mencapai tingkat pertumbuhan tersebut dengan basis asumsi makro dan berbagai langkah kebijakan yang telah ditempuh pada tahun 2014 mendatang," katanya. Pada tahun 2014, pemerintah juga melakukan berbagai upaya penghematan dan efisiensi anggaran, seperti penghematan subsidi listrik sebesar Rp11,2 triliun.(ak)