Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RI-Rusia Perkuat Kerjasama Bilateral

Jakarta, 01/11/2016 Kemenkeu - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menerima Menteri Perindustrian dan Perdagangan Federasi Rusia Denis V.Manturov, beserta puluhan pengusaha asal Rusia. Republik Indonesia (RI) – Rusia bertemu dalam Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-11 Bidang Kerjasama Perdagangan, Ekonomi dan Teknik, untuk membahas program strategis di berbagai bidang kerjasama dalam rangka memperkuat hubungan bilateral kedua negara pada Senin (31/10) di Jakarta.


Dari informasi yang dilansir melalui laman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, kedua belah pihak telah menyepakati peningkatan kerjasama strategis di bidang perdagangan, industri, investasi, energi, transportasi dan infrastruktur, budaya, pariwisata, teknologi tinggi hingga kesehatan. Rusia merupakan mitra yang penting bagi Indonesia, sejak dibukanya hubungan diplomatik 66 tahun yang lalu.


“Untuk itu kami telah bersepakat untuk terus bekerja keras dalam mencari terobosan dan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan nilai perdagangan di masa mendatang, termasuk dengan cara peningkatan ekspor produk non-migas Indonesia ke Rusia secara langsung,” ungkap Darmin.


Salah satu kesepakatan yang ditandatangani RI – Rusia adalah Agreed Minutes of the Eleventh Session of Intergovermental Indonesian–Russian Joint Commission on Trade, Economic and Technical Cooperation, yang mencakup berbagai program kerjasama strategis antara kedua negara. “Melalui penyelenggaraan forum bisnis ini diharapkan akan muncul kesepakatan-kesepakatan bisnis baru guna meningkatkan kerja sama ekonomi bagi kedua negara,” tambah Darmin. (as)