Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

RUU LKM, Pelengkap Sistem Keuangan Indonesia


 


Jakarta, 26/01/2012 MoF (Fiscal) News –
Pemerintah menyambut baik pembahasan RUU Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dengan DPR RI, dan diharapkan RUU tersebut dapat menjadi pelengkap dari sistem keuangan Indonesia. Hal tersebut dikatakan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo saat menyerahkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) RUU LKM ke Komisi VI DPR RI, pada Kamis (26/1).

"Kita ingin menjaga agar sistem keuangan Indonesia tetap dalam keadaan yang stabil dan kuat," kata Menkeu. Salah satu yang mendasari kajian pemerintah tentang RUU LKM adalah rekomendasi G-20.  "G-20 telah merekomendasikan tentang perlunya ditingkatkan pengaturan dan pengawasan, atas aktivitas perbankan yang menghimpun dana dari masyarakat yang dilakukan oleh lembaga keuangan," katanya.

Oleh kerenanya, Menkeu mengusulkan tentang perlunya pembahasan RUU LKM  untuk dibahas juga bersama komisi XI DPR RI, dimana Komisi XI adalah komisi yang menangani bidang keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank. "sehingga, diharapkan dapat menghasilkan produk Undang-Undang yang sesuai dengan harapan stakeholders," katanya.

Pemerintah, lanjut Menkeu, berharap dapat melakukan pembahasan secara lebih mendalam terhadap sejumlah materi  yang meliputi pengaturan tentang kegiatan usaha LKM, kepemilikan cakupan wilayah usaha LKM, bentuk badan hukum LKM, transisi dan transformasi LKM, perlindungan konsumen, hingga pembahasan tentang sanksi. (ak)