Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Saling Berbagi Pengalaman Antara Indonesia-Korea

Jakarta, 18/02/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Perbendaharaan menyelenggarakan final reporting workshop untuk mempublikasikan hasil riset dari program Knowledge Sharing Program (KSP), pada Selasa (16/02). KSP merupakan bentuk kerjasama antara Indonesia - Korea dalam riset ekonomi dan social. Pada tahun 2015, hasil riset KSP mengambil poin tentang peningkatan kinerja pemerintahan Indonesia untuk produktifitas pasar dan stabilitas sosial.

Dalam forum ini, ada tiga topik  yang dibahas yaitu, produktifitas Usaha Kecil Menengah (UKM), Pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU) dan talent management dalam pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Rekomendasi yang diberikan pada beberapa topic-topik diskusi meliputi perbaikan dari sistem regulasi di Indonesia dan Implementasi kebijakan dilapangan.

Menurut salah seorang peneliti KSP dari Korean University Jin-Wook Choi, hasil riset ini akan menjadi pembelajaran agar ke depan lebih baik lagi. “Belajar dari kesalahan dan pengalaman dari masing-masing negara akan membuat kita lebih baik kedepan,” katanya. Selain itu, Ketua Delegasi dari Korea Okyu Kwon, menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara bintang di dunia.  “Saya yakin Indonesia akan menjadi salah satu bintang besar di dunia,” paparnya.

Sebagai informasi, sejak tahun 2011, KSP telah memberikan berbagai rekomendasi sebagai hasil riset dibidang sosial dan ekonomi kepada pemerintah Indonesia. Rekomendasi yang diberikan ini diharapkan akan berkontribusi pada perubahan Indonesia ke depan.(as)