Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sambut 1.769 CPNS Kemenkeu, Menkeu: Jadilah Pegawai Tangguh

Jakarta, 15/12/2015 Kemenkeu - Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro menyampaikan arahannya di hadapan 1.769  Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tahun 2015. Dalam kesempatan tersebut, ia berharap para CPNS Kemenkeu ini dapat menjadi pegawai yang tangguh dan kompeten dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, di mana pun ditempatkan.

“Saya merasa bangga dapat menerima Anda di Kementerian Keuangan. Saya juga berharap nantinya di unit (di mana) Anda ditempatkan, akan ada orang-orang yang membimbing sekaligus menempa Anda dengan baik, sehingga nantinya akan menjadi pegawai yang tangguh dan kompeten dalam menghadapi apapun tantangan pekerjaan ke depan,” ungkap Menkeu pada acara Orientasi CPNS Kemenkeu Tahun 2015 di Aula Dhanapala, Kompleks Kantor Pusat Kemenkeu, Jakarta, Selasa (15/12).

Selain itu, ia juga meminta kepada para CPNS yang akan segera bergabung dengan Kemenkeu ini untuk terus meningkatkan kompetensinya, disamping juga bekerja dengan hati bersih dan tulus. “Saya juga berharap Anda dapat terus mengisi diri Anda dengan nilai-nilai kebaikan, karena bekerja di Kementerian Keuangan tidak cukup hanya dengan otak dan fisik, hati Anda juga harus bersih dan tulus,” tambahnya.

Hal ini dikarenakan, Kemenkeu memiliki peran strategis, dengan tugas, wewenang dan tanggung jawab serta kinerja yang menentukan stabilitas Negara Indonesia. Dengan peran strategisnya, Kemenkeu terus dituntut untuk mampu menunjukkan kinerja terbaik demi perekonomian nasional yang baik dan kesejahteraan rakyat yang terus meningkat. “Untuk itu, saya pun meminta Anda nantinya untuk bekerja dengan sebaik-baiknya, karena masa depan Kementerian Keuangan juga berada di tangan Anda semua,” ujarnya.

Sebagai informasi, ke-1.769 CPNS ini merupakan lulusan program diploma I Politeknik Keuangan Negara STAN tahun 2015, yang juga telah dinyatakan lulus ujian seleksi penerimaan CPNS. Menurut Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto, seleksi tersebut mencakup seleksi tes kemampuan dasar berbasis Computer Assisted Test (CAT), yang dilaksanakan bersama oleh Sekretariat Jenderal Kemenkeu dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

Ia menambahkan, ke-1.769 CPNS tersebut telah ditempatkan di lima unit eselon I di lingkungan Kemenkeu. “Sekretariat Jenderal yang ditempatkan 26 orang, Direktorat Jenderal Pajak 982 orang, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai 748 orang, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan 4 orang, dan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko 9 orang,” urainya.(nv)