Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

S&P Revisi Prospek Utang RI

Jakarta, 03/05/2013 MoF (Fiscal) News – Lembaga pemeringkat Standard & Poor’s (S&P) merevisi prospek utang Indonesia menjadi stabil dari sebelumnya positif. S&P menyatakan bahwa posisi rating tersebut didukung oleh pertumbuhan ekonomi yang kuat dalam dekade terakhir, pengelolaan fiskal yang berhati-hati, dan beban utang pemerintah yang rendah. Meski demikian S&P menilai momentum perbaikan terlalu lama, sedangkan potensi untuk peningkatan rating telah berkurang.

“Revisi outlook menjadi stabil mencerminkan penilaian kami bahwa momentum perbaikan yang terlalu lama dan profil eksternal yang lebih lemah telah mengurangi potensi peningkatan rating selama 12 bulan ke depan,” seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (2/5).

Analis utama S&P untuk Indonesia Agost Bernard menyatakan bahwa terdapat pelemahan implementasi kebijakan yang mengurangi dukungan terhadap prospek pertumbuhan ekonomi dan kondisi perekonomian secara umum. Selain itu, kondisi eksternal perekonomian juga mengalami kerentanan yang ditunjukkan oleh defisit transaksi berjalan serta peningkatan utang luar negeri sektor swasta.

Sebagai informasi, S&P menegaskan peringkat BB+ untuk kredit pemerintahan (sovereign credit) jangka panjang dan peringkat B untuk kredit pemerintah jangka pendek, selain rating skala regional ASEAN axBBB +/Axa-2 untuk Indonesia. (ak)