Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Satu Kilogram Lebih Shabu Ditegah Di Denpasar


Jakarta,
07/09/2011 MoF (Fiscal) News - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC TMP) Ngurah Rai menegah kembali upaya penyelundupan 1.050 gram Methamphetamine berjenis shabu. Pelaku yang berkewarganegaraan Afrika Selatan ini, tiba di Bandara Ngurah Rai, Denpasar pada sabtu (3/9).

Petugas telah mencurigai gerak-gerik pelaku saat melewati pemeriksaan standar Bea dan Cukai. Namun, petugas masih belum menemukan benda mecurigakan dari barang bawaan yang dicek menggunakan x-ray. Saat pemeriksaan badan penumpang, petugas menemukan kristal putih yang disembunyikan di dalam celana pendek dan pakaian dalam. Narcotic test yang dilakukan petugas, menunjukkan kristal putih tersebut sebagai shabu dengan perkiraan senilai Rp2,1 miliar.

Pengembangan kasus yang dilakukan KPPBC Ngurah Rai dan Kepolisian Daerah Bali bermuara pada satu orang tersangka baru dengan kewarganegaraan sama dengan pelaku. Mengingat Methamphethamine (shabu) termasuk ke dalam Narkotika Golongan I dan termasuk barang larangan impor, maka perbuatan pelaku melanggar pasal 113 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Pelaku diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan maksimal hukuman mati, serta pidana denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar. (as)