Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan keynote speech dalam acara Seminar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta (07/05)

SDM Berkualitas, Modal Negara untuk Maju

Jakarta, 07/05/2018 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, tidak ada suatu negara di dunia ini yang bisa maju tanpa ada kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM). Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam keynote speechnya pada acara Seminar Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti, Jakarta, Senin (07/05).  

"Kalau kita lihat kebesaran negara-negara yang maju itu adalah karena tentu policy yang benar, pemerintahan yang memiliki komitmen terhadap sumber daya manusia dan kemampuan untuk menterjemahkan policy itu menjadi suatu realita," ujar Menkeu.

Ketertinggalan kedua Indonesia setelah infrastruktur adalah kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Waktu adalah hal yang sangat penting dalam pengelolaan SDM. Pengelolaan dalam masa-masa awal ketika manusia lahir adalah masa-masa yang krusial dalam pembentukan karakter manusia tersebut.

"Kalau manusia dari awal, dia tidak diinvestasikan yang baik, maka sesudah dia lahir 1.000 hari pertama yaitu 3 tahun pertama dalam hidupnya sesudah lewat itu otaknya sudah tidak lagi berkembang. The first one thousand day is critical," pungkasnya. (ip/ind/nr)