Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sekretariat Jenderal Ambil Sumpah/Janji PNS Kemenkeu

Jakarta, 11/05/2016 Kemenkeu - Kepala Biro Sumber Daya Manusia Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Humaniati mengambil sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Acara pengambilan sumpah/janji PNS ini dilaksanakan pada Rabu (11/5) di Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta.

Pengambilan sumpah/janji ini wajib dilakukan oleh PNS sebelum melaksanakan tugas dan jabatannya. Menurut Kepala Biro SDM Kemenkeu, hal tersebut sesuai dengan aturan di Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1975 tentang Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil.
 
Dalam ketentuan tersebut, ditegaskan bahwa Setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) segera setelah diangkat menjadi PNS, wajib mengangkat Sumpah/Janji PNS menurut agama/kepercayaannya. Ia menambahkan, PNS harus menjaga sikap sebagai seorang PNS dan menjaga kehormatan serta martabat institusi.

“Perlu kita ketahui dan sadari bahwa pengambilan sumpah/janji PNS ini merupakan sebuah proses yang bermakna penting, karena sumpah/janji yang diucapkan merupakan satu bentuk ikrar yang tidak hanya dipertanggungjawabkan kepada pimpinan atau institusi saja, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa,” terangnya. Dengan demikian, jika PNS telah memaknai dan menghayati sumpah yang diucapkan, sumpah/janji tersebut akan menjadi pedoman dalam bersikap dan berbuat, baik di dunia kerja maupun di masyarakat.(anh)