Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sekretaris Jenderal: Bersinergi Memenuhi Janji Untuk Negeri

Jakarta, 20/01/2017 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Hadiyanto hadir pada rapat koordinasi percepatan pelaksanaan anggaran Tahun Anggaran (TA) 2017 dan persiapan penyusunan anggaran TA 2018 yang diadakan oleh Biro Perencanaan Keuangan di Bandung pada Jumat, (20/1). Acara dibuka oleh Kepala Biro Perencanaan Keuangan Mohammad Hatta dengan memberikan laporan evaluasi pelaksanaan anggaran TA 2016 dan rencana percepatan pelaksanaan anggaran TA 2017 kemudian dilanjutkan arahan dari Sekretaris Jenderal.

Sesjen mengajak seluruh peserta untuk merefresh kembali semangat bersinergi. "Saya akan memanfaatkan berbagai forum kehadiran saya di berbagai lintas eselon I untuk bersama-sama mengukuhkan tekad kita bersinergi, karena keyword bagi keberhasilan organisasi itu adalah sinergi,” jelasnya. Ia juga berpesan agar setiap unit eselon I dapat membangun "sense of ownership" terhadap pekerjaan sebagai pegawai Kementerian Keuangan.

Sesjen mengharapkan dialog ini dapat dimanfaatkan sebagai forum sharing evaluasi anggaran 2016 dan percepatan anggaran 2017 serta mendapat feedback lessons learned tahun 2016. Berbagai evaluasi perlu terus dilakukan agar Kementerian Keuangan dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sesuai dengan tagline Kementerian Keuangan "Memenuhi Janji Untuk Negeri".

Pada arahan berikutnya, Sesjen Hadiyanto mengingatkan kepada peserta untuk membuat strategi perencanaan yang lebih baik, mampu mengubah mindset dalam mengelola keuangan negara, serta memperkuat budaya organisasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Di samping itu, Sesjen juga meminta agar dapat membuat IKU yang lebih menantang untuk meningkatkan kinerja. "Put your heart and mind into this organization, dan jangan mentolerir kesalahan sekecil apapun", tutupnya pada sesi arahan.

Selanjutnya, acara diisi dengan pemaparan dari seluruh Sekretaris unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan mengenai evaluasi dan hambatan pelaksanaan anggaran TA 2016 serta rencana pelaksanaan anggaran TA 2017. Sesi ini ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama percepatan pelaksanaan anggaran TA 2017 dan perencanaan anggaran TA 2018 yang efektif, efisien, dan akuntabel oleh seluruh Sekretaris  Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, disaksikan oleh Sekretaris Jenderal. (ma/nr)