Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sektor Infrastruktur, Prioritas Penggunaan Dana Desa 2016

Jakarta, 29/04/2016 Kemenkeu - Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan telah merealisasikan penyaluran Dana Desa tahap pertama kepada pemerintah desa. Setelah disalurkan, adalah tugas Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) untuk mengawal prioritas penggunaan Dana Desa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, Dana Desa tahun 2016 ini digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa, bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Sesuai Permendes 21 tahun 2015, prioritas pertama penggunaan Dana Desa yaitu untuk membangun infrastuktur antara lain jalan, irigasi, jembatan sederhana, dan talud. Bidang kesehatan dan pendidikan juga perlu diprioritaskan, diantaranya Posyandu dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini),” ujar Menteri Desa PDTT Marwan Jafar sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Tim PKP Kementerian Komunikasi dan Informatika pada Kamis (28/4).

Jika infrastruktur serta sarana dan prasarana desa sudah baik, lanjutnya, Dana Desa dapat digunakan untuk pemberdayaan masyarakat desa, seperti pengembangan Badan Usaha Miliki Desa (BUM Desa), pembentukan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), dan pengembangan kapasitas Ruang Belajar Masyarakat di Desa (Community Center). Dalam realisasinya, masyarakat berhak menentukan secara mandiri penggunaan Dana Desa sesuai dengan musyawarah desa, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.(nv)