Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Selama Libur, KPUBC Tanjung Priok Tetap Operasi Penuh

Jakarta, 02/08/2013 MoF (Fiscal) News – Selama libur lebaran, Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai (KPUBC) Tanjung Priok akan tetap beroperasi penuh. Pelayanan ini meliputi pemeriksaan barang dan pemrosesan dokumen dan pengiriman barang. Hal ini disampaikan Wakil Menteri Keuangan II Mahendra Siregar dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/8).

Pelayan ini merupakan bagian dari kerangka pelayanan kepabeanan 24/7. Pelayanan pemeriksaan barang akan dilakukan sampai pukul 23.00 WIB setiap hari kerja dan pelayanan 24/7 untuk pemrosesan dokumen dan pengiriman barang. “Pemindahan/penarikan kontainer akan terus dilakukan pada hari-hari libur tersebut, sehingga kondisi YOR diharapkan akan turun ke sekitar 50-60 %,” jelasnya.

Sebelumnya, Wamenkeu menyebutkan bahwa proses pembongkaran muatan kontainer dan pemindahannya di Pelabuhan Tanjung Priok terganggu oleh kemacetan, dan paling parah terjadi pada bagian dalam pelabuhan. “Dari proses pembongkaran barang sampai penimbunan kontainer, baik di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) YOR (Yard Occupancy Ratio)-nya tinggi, TPS ke TPS lain jalan dalam Priok macetnya minta ampun. Di sana mereka satu kilo meter itu butuh 15 jam,” katanya. (fin)