Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Selama Maret, Bea Cukai Soekarno Hatta Gagalkan 6 Penyelundupan Sabu-Sabu

Jakarta, 02/04/2014 MoF (Fiscal) News - Hingga pertengahan Bulan Maret 2014, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta berhasil menggagalkan enam kali upaya penyelundupan narkotika dengan berbagai modus.


Penggagalan penyelundupan pertama terjadi pada Senin (3/3) lalu. Petugas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan paket kiriman berisi 546 gram Methamphetamine (sabu-sabu) dari Hong Kong tujuan Bekasi, yang dikirim melalui Kantor Pos di Bandara Soekarno Hatta. Modus yang digunakan oleh pelaku yaitu dengan menyembunyikan sabu-sabu di dalam tabung plastik menyerupai tutup parfum yang sudah dimodifikasi, yang dikemas dalam kemasan card reader.


Selanjutnya, pada Kamis (6/3), di Terminal 2E Bandara Soekarno Hatta, petugas berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1.378 gram bruto sabu-sabu yang dibawa oleh eks penumpang pesawat Garuda Indonesia GA-863 rute Hong Kong-Jakarta-Lombok. Oleh pelaku yang berkewarganegaraan Thailand tersebut, sabu-sabu disimpan dalam bungkusan plastik di dalam kain yang dibawanya.


Esok harinya, yakni pada Jumat (7/3), petugas kembali menggagalkan penyelundupan paket berisi sabu-sabu yang dikirim dari  India tujuan Pademangan, Jakarta melalui perusahaan jasa titipan di Bandara Soekarno Hatta. Oleh pelaku, sabu-sabu seberat 508 gram bruto tersebut disembunyikan di dalam kotak perhiasan.  


Petugas kembali menggagalkan upaya penyelundupan paket berisi narkotika melalui perusahaan jasa titipan di Bandara Soekarno Hatta pada Senin (10/3). Kali ini, modus yang digunakan adalah dengan menyembunyikan 262 gram sabu-sabu di dalam majalah yang dikirim dari Afrika Selatan tujuan Kelapa Gading, Jakarta.


Selanjutnya pada Senin (17/3) Tim Customs Tactical Unit (CTU) KPPBC Soekarno Hatta menggagalkan penyelundupan 508 gram bruto sabu-sabu yang disembunyikan di dalam gagang pegangan travel bag. Pelaku merupakan seorang wanita berkewarganegaraan Indonesia yang merupakan eks penumpang pesawat Garuda Indonesia GA-821 rute Kuala Lumpur-Jakarta.


Terakhir, pada Senin (17/3), Petugas kembali menggagalkan upaya penyelundupan paket berisi 386 gram sabu-sabu dengan modus menyembunyikan di dalam tabung plastik menyerupai tutup parfum yang sudah dimodifikasi, yang dikemas dalam kemasan card reader. Paket ini dikirim melalui perusahaan jasa titipan di Bandara Soekarno Hatta dari China tujuan Tebet, Jakarta.


Menindaklanjuti hal tersebut, untuk kasus upaya penyelundupan melalui paket kiriman, tersangka dan barang bukti dilimpahkan kepada penyidik Badan Narkotika Nasional guna pengembangan lebih lanjut. Sementara, kasus penyelundupan lainnya diserahkan kepada Penyidik Polresta Bandara Soekarno Hatta untuk pengembangan lebih lanjut.(wa)

 

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.beacukai.go.id