Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Seminar FEKK, Bentuk Sinergi Kemenkeu dan Pemda

Jakarta, 13/04/2017 Kemenkeu - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menggelar Seminar Forum Ekonom Kemenkeu, dengan tema “Menjaga Kredibilitas APBN” di Gamalama Ballroom, Hotel Grand Dafam Bela, Ternate, pada Rabu (12/04). Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Maluku Utara Tri Budhianto, dalam sambutannya, mengatakan dalam APBN 2017 terjadi peningkatan yang signifikan pada alokasi dana transfer ke daerah dan dana desa.


Peningkatan tersebut perlu diimbangi dengan strategi yang tepat untuk mengatasi berbagai kendala dan tantangan yang dihadapi oleh pemerintah daerah (pemda). “Untuk itu, saya berharap adanya sinergi kebijakan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mewujudkan pertumbuhan dan pembangunan yang inklusif,” ujarnya.


Di kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara Muhammad Natshir Thaib sangat menyambut baik seminar ini, sebagai bentuk sinergi Kemenkeu dengan pemda."Kami harapkan seminar ini dapat meningkatkan sinergitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, perguruan tinggi dan stakeholder lainnya untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Maluku Utara," ujar Natshir.


Peneliti Madya Badan Kebijakan Fiskal Yoopie Abimanyu, menjadi salah satu pembicara yang menyampaikan paparan terkait Perekonomian Terkini dan APBN 2017. Salah satu hal yang ia jelaskan adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perekonomian domestik antara lain fiskal, neraca pembayaran, moneter, sektor keuangan dan produk domestik bruto.


Sementara itu, Ekonom Kemenkeu Provinsi Maluku Utara Mukhtar A. Adam yang memberikan pemaparan materi mengenai Perkembangan Perekonomian Daerah Terkini, lebih menekankan pada Karakteristik dan Perkembangan Perekonomian Maluku Utara.

Sebagai informasi, dalam seminar kali ini, Kemenkeu juga mengadakan sosialisasi Voyage to Indonesia sebagai ajang promosi menyambut pelaksanaan Annual Meeting IMF - World Bank 2018, yang akan berlangsung di Bali. Annual Meeting IMF - WB merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Dewan Gubernur World Bank setiap tahunnya. Pertemuan ini bertujuan untuk mendiskusikan pertumbuhan ekonomi dan keuangan global serta isu-isu terkait pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi global dan isu-isu global lainnya. (ip/as)