Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Sesjen Buka Orientasi 4.053 CPNS Kemenkeu 2016

Bogor, 07/12/2016 Kemenkeu – Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto membuka kegiatan orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Keuangan dari lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun Anggaran 2016 di Bogor, Selasa (06/12). Acara ini diikuti oleh 4.053 lulusan Program Diploma I dan II Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2016.

Dalam talkshow yang dikemas secara informal, Sesjen menyampaikan bahwa acara orientasi ini adalah awal dari induction program, yang merupakan sarana mempersiapkan calon pegawai baru bekerja di lingkungan Kementerian Keuangan. “(Acara ini) sebagai salah satu acara yang sangat penting untuk pengenalan pertama serta penanaman perilaku-perilaku dan sikap mulia yang dibutuhkan untuk bekerja di lingkungan Pemerintahan,” jelasnya.

Kepada CPNS baru tersebut, Sesjen juga menjelaskan peranan Kementerian Keuangan yang menempati posisi strategis dalam pemerintahan negara, yaitu sebagai jantung pemerintahan (heart of government). “Hal tersebut memiliki makna bahwa hampir seluruh aspek perekonomian negara berhubungan langsung dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan,” katanya.

Kebijakan tersebut, lanjutnya, meliputi perencanaan, penyusunan, dan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN); perpajakan; kepabeanan dan cukai; pengelolaan kekayaan negara; perimbangan keuangan pusat dan daerah; serta pengelolaan utang.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga perilaku agar mencerminkan implementasi dari nilai-nilai integritas, profesional, sinergi, pelayanan dan kesempurnaan yang dimiliki oleh Kementerian Keuangan. Pada akhir acara, Sesjen mengutip pernyataan Menteri Keuangan tentang definisi keberhasilan. “Keberhasilan dan kemenangan itu memiliki tiga definisi, yaitu selama saya tidak mengkhianati kebenaran, selama saya tidak mengingkari nurani saya, dan selama saya masih bisa menjaga martabat dan harga diri saya, maka di situ saya menang,” pungkasnya.(kpp)